Langsung ke konten utama

Cari Materi Mengaji ☟

Hukum tidak mau menikah sampai usia lanjut


Assalamu'alaikum Sedulur semua kita niatkan kembali untuk mengaji ya. Ayo ngaku siapa yang belum nikah sampai saat ini ? Padahal umur sudah Limit. Kita simak Tanya Jawab di bawah ini deh.

PERTANYAAN :
Assalaamu alaikum wr wb.  Saya punya ortu / sesepuh / guru umur 60 tahun sampai sekarang dia belum pernah nikah, kalau ditanya sama muridnya mbah kok belum pernah nikah sampai sekarang kenapa ? jawabnya : Allah aja ga nikah, dia bukannya ngikutin jejaknya nabi tapi dia ngikutin jejaknya Allah. Gimana tanggapan teman-teman, gemana solusinya ? [Tarkam Sriatun].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam wr.wb. Jawabannya  "Allah aja ga nikah" sebenarnya secara etika tidak baik sebagai alasan dia tidak menikah. Meskipun demikian, keputusannya tidak menikah jika karena disibukkan dengan ibadah, maka hal itu sesuai dengan apa yang diuraikan oleh imam an-nawawi dalam kitabnya al-minhaj :
هو مستحب لمحتاج اليه يجد اهبته فان فقدها استحب تركه و يكسر شهوته بالصوم فان لم يحتج كره ان فقد الاهبة و الا فلا لكن العبادة افضل قلت فان لم يتعبد فالنكاح افضل له في الاصح
"Nikah hukumnya sunah bagi orang yang membutuhkan dan punya biaya, jika tidak punya biaya sunah hukumnya meninggalkannya dan lemahkanlah syahwatnya dengan berpuasa. Jika tidak butuh menikah, maka menikah hukumnya makruh kalau tidak punya biaya. Jika punya biaya tidaklah makruh, tetapi melakukan ibadah lebih utama. Aku (an-nawawi) berkata : jika memang seseorang tidak menggunakan waktunya untuk beribadah, maka nikah lebih utama".
Oleh karena itu imam An-nawawi hidup membujang sampai ahir hayatnya. Beliau lalui hari-harinya dengan beribadah, menulis karya-karya ilmiyah, mengajar, membaca alqur'an dll. [Abdurrahman As-syafi'i].
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/385742931448521/

Referensi : Aplikasi Kang Santri Menjawab

Repost by Ali Asegaf

Komentar

Populer Post

Wanita haidl baca tahlil bolehkah ???

Hukum Jual Beli Kucing Menurut Syariah

Wong Sakti

BIOGRAFI KH.M MARWAN A.H (Jragung)

Kontekstual Makna Jihad Dalam Al-Qur'an

Hukum pesan makanan via ojek online menurut syariah

Hukum mengucapkan "Selamat Hari Natal"

Hukum Belajar Ilmu Tentang Haidl/ Nifas

GEBYAR HSN 2018 PCNU KAB. DEMAK

Membangun Generasi Muda NU Desa Sidokumpul

NIKAH & KELUARGA

MATERI FIQIH

KEGIATAN ISLAMI

BIOGRAFI & KISAH

MATERI UMUM

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Untuk Berlangganan Ngaji Online Bersama Demak Mengaji via Email Gratis, Dapatkan kajian Islam terbaru